4 Tips Merawat Lidah Mertua di Rumah

Jakarta – Tanaman hias memiliki kekuatan untuk mengubah ruang Anda secara ajaib dan membuatnya terlihat hidup dan segar. Mereka mudah dirawat dan menambahkan tanaman hijau ke ruangan. Jika berbicara tentang jenis tanaman hias, salah satu tanaman indoor yang paling umum adalah snake plant atau yang dikenal lidah mertua.

Snake plant adalah tanaman gurun dan menyukai panas dan kelembapan, yang menjadikannya tanaman yang sempurna untuk di dalam ruangan. Ada berbagai jenis tumbuhan snake plant lainnya. Beberapa di antaranya adalah Black gold, Birds nest, Fernwood, dan Black coral.

Jadi, jika Anda memiliki lidah mertua di rumah Anda, ikuti tips sederhana untuk memelihara tanaman dalam ruangan ini, seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

Tips merawat snake plant atau lidah mertua

1. Jangan berlebihan

Karena lidah mertua adalah tanaman gurun, tanaman ini tidak membutuhkan banyak penyiraman dan tidak menyukai daun basah. Jadi saat menyiramnya, jangan mengaburkan daunnya dan sebaliknya hanya menyiram tanah, tanpa berlebihan.

2. Simpan di tempat yang panas

Jangan simpan snake plant Anda di tempat yang dingin dan jangan simpan di dekat aliran udara dingin. Simpan di tempat yang panas dan lembab dan jika disimpan di balkon, bawalah ke dalam ruangan, saat suhu turun.

3. Ganti tanah saat dibutuhkan

Lidah mertua biasanya tidak membutuhkan pupuk, karena merupakan tanaman yang kuat dan tangguh. Anda bisa mengganti tanah setiap 8-10 bulan untuk melindungi akar atau jika daunnya layu.

4. Simpan di bawah cahaya tidak langsung

Lidah mertua tidak membutuhkan sinar matahari langsung, tetapi juga cenderung tidak tumbuh subur di lingkungan yang kurang cahaya. Letakkan di dekat jendela, untuk memberikan sinar matahari tidak langsung dan untuk menghindari daun terbakar dari sinar matahari langsung.

 

sumber: https://cantik.tempo.co/read/1433506/4-tips-merawat-lidah-mertua-di-rumah/full&view=ok