Cara Buat Pupuk Kompos. Megatasi Masalah Sampah Rumah Tangga

Jakarta – Penggunaan pupuk kompos memiliki banyak keunggulan dibanding pupuk kimiawi. Pupuk kompos atau dikenal juga sebagai pupuk organik merupakan salah satu jenis pupuk yang terbuat dari sisa sisa bahan organik yang telah mengalami pelapukan seperti, sisa sayuran atau makanan. Kemudian bentuknya  akan berubah menjadi seperti tanah, tidak berbau, dan mengandung unsur yang dibutuhkan tanaman.

Sisa sisa bahan organik tersebut dapat berubah menjadi tanah setelah mengalami penguraian yang dilakukan oleh mikro-organisme aktif seperti bakteri, jamur, dan mikroba. Karena terbuat dari bahan organik, pupuk kompos sangat baik untuk tanaman. Bahan-bahan organik tersebut tak hanya aman untuk tanaman, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hasilnya.

Dilansir dari laman resmi Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Pontianak, terdapat berbagai manfaat dari penggunaan pupuk kompos dalam budi daya tanaman. Diantaranya, yaitu pupuk kompos merupakan sumber hara makro dan mikromineral secara lengkap, walaupun dalam jumlah relatif kecil. Dalam jangka waktu  panjang, pupuk kompos juga dapat memperbaiki pH pada tanah masam. PH atau Power of Hydrogen sendiri adalah derajat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

Selain itu, di dalam pupuk kompos terkandung humus yang sangat dibutuhkan untuk peningkatan hara makro dan mikro pada tanah, memperbaiki struktur tanah yang semula padat menjadi lebih gembum, dapat meningkatkan kapasitas penyerapan air oleh tanah, meningkatkan aktivitas mikroba tanah dan menekan pertumbuhan atau serangan penyakit tanaman.

 

sumber: https://tekno.tempo.co/read/1455815/cara-buat-pupuk-kompos-megatasi-masalah-sampah-rumah-tangga/full&view=ok